Header Ads


  • Breaking News

    Pemimpin Wanita? Mengapa Tidak


    Wanita Indonesia - Kepemimpinan wanita baik di sektor swasta dan publik di Indonesia sudah tak diragukan lagi. Banyak wanita yang memegang posisi penting dan merupakan seorang pengambil keputusan yang baik. 

    Di sektor publik, terdapat sederet nama wanita yang mentereng karena prestasiunya. Sebutlah Tri Rismaharini. Walikota Surabaya ini mampu menata kota Surabaya menjadi rapih, tertib, dan bersih. Ia juga membenahi tata administrasi dan pelayanan publik.


    Namanya semakin melambung setelah berhasil menutup tempat prostitusi terbesar di Asia, gang Dolly.

    Walikota yang menjabat sejak 28 September 2010 ini berhasil membuat Surabaya meraih piala adipura selama 3 tahun berturut turut yaitu di tahun 2011,2012 dan 2013.

    Bukan hanya itu di bawah kepemimpinanya Surabaya mendapat penghargaan tingkat Asia-Pasifik yaitu Future Goverment Award 2013  di 2 bidang sekaligus dan membawa Surabaya sebagai kota yang terbaik partisipasinya se-Asia Pasifik pada tahun 2012 versi Citynet.

    Risma telah membuktikan, bahwa perempuan bisa berperan di ranah publik. Dengan semakin banyaknya wanita yang memutuskan terjun dan berkarya di ranah publik, semakin mengangkat kesederajatan mereka dengan kaum pria.

    Meskipun tak memiliki kemampuan fisik seperti pria, namun wanita memiliki potensi yang sama dengan kaum pria, seperti konseptual, merumuskan masalah, dan mencari penyelesaian dan jalan keluar dari sebuah masalah.

    Kemampuan-kemampuan tersebut dibutuhkan untuk bekerja melayani publik, selain kemampuan kepemimpinan, dan manajerial.

    Oleh karena itu bukan lagi zamannya, memilih calon kepala publik berdasarkan gender, namun jauh lebih tepat mempertimbangkan, kapabilitas, rekam jejak, dan hal-hal lainnya yang dapat diukur dan logis.

    Sumber:http://www.tribunnews.com/tribunners/2018/07/03/pemimpin-wanita-mengapa-tidak

    No comments

    Post Top Ad


    Post Bottom Ad